Sisi Umum Dugaan Pencurian Data Jejaring Sosial


Hasil gambar untuk facebook like logo

akhirnya blog ini ikut angkat bicara juga soal pemberitaan pencurian data yang lagi ramai yaitu langsung sebut saja FB. namun sebelum panjang lebar membahas, murni ini catatan salah satu opini public dan jika disempitkan maka oponi personal sebagai yang berbidang IT dari kaca mata bidang keilmuan secara umum dan mungkin sedikit detail. tidak untuk membela salah satu pihak, namun lebih untuk mengajak berfikir ke dari beberapa sisi sebagai berikut :

  1. Data Pengguna Facebook Bocor Capai 87 Juta
    perkembangan berita sudah meningkat dari 50’an jt ke “Data Pengguna Facebook Bocor Capai 87 Juta”. apakah akan semakin meningkat ? mungkin masih bisa dikatakan ya. dan itu masih angka perkiraan, belum lagi yang akun yang sedikit tercuri datanya atau terambil non system. lalu apa yang harus dilakukan oleh kedua belah pihak.
    bolehlah sisahkan waktu untuk mengurangi beberapa data pribadi di FB, baik itu data tertulis maupun data tergambarkan alias foto2.
    mungkin FB juga pasti sembari malakukan pengecekan dan penyelidikan perambatan pencurian data baik system maupun non, mungkin divisi lainnya memikirkan kebijakan yang lebih disesuaikan.
    selepas dari itu, bila anda tak slalu bijak meng-info / men-share data diri tentang anda maka apapun pendataan di internet itu besar kecil pencurian data itu akan masih ada niat oleh pihak tertentu.
  2. Desakan agar Mark Zuckerberg mundur dari posisi CEO
    wow terlihat solusi menyakinkan bukan ?… anda sebagai pengguna pilih mana ia keluar atau pembenahan FB kembali hingga visi dan misi FB klo bersadar kasus pencurian data.
    sama seperti cerita mantan, cari yang lebih baik atau mau kembalilah jika ia menjadi lebih sangat baik… kan hal baik itu benar. hayoooooo !!!! hahahahhahahha
    selepas hal ini posistif atau negatif, lebih baik bagaimana kemungkinannya. ok lanjut…
    mengundurkan diri tak harus tak digunakan sebagai tim penasehat, mengundurkan diri tapi visi dan misi FB, mengundurkan diri tapi beberapa keputusan masih ikut campur, mengundurkan diri tapi membuat jelmaan jejaring lain, mengundurkan diri tapi motifator dan yang lainnya. namun semua itu wajar karena itu sesuatu hal yang bisa dan mungkin dilakukan.
    sebagai pengguna FB juga walau ikut mendesak2, tow klo FB langsung di reset semua anda mau bilang apa toh ini layanan free, layanan ini punya orang bukan punya bersama-sama, atau anda mengundurkan diri itu pun apa yang harus dikwatirkan dari anda dari sisi FB.
    FB pun lewayap sekarang, namun jiwa2 pembuat jejaring sosial masih belum selektif soal data personal tar yang ikut2 lagi dan bocor mau bilang giman lagikan.
  3. puasa media sosial
    ya gpp lah puasa media sosial, namun bila tak dibarengi dengan beberapa hal tentang pengertian masalah ini hingga intropeksi penggunaan bijaknya maka apa guna puasa ini. ok sabar…
    apapun media sosial nya, mulailah lebih bijak membagi data apa yang harus apa yang perlu apa yang semestinya dan lainnya. walau butuh waktu yang tak sedikit, namun yakinlah itu dan puasa ini akan sepadan untuk kedepan
  4. Pihak Kominfo berharap bisa melakukan shutdown aplikasi kuis
    memang praduga yang lagi bermasalah itu sebuah aplikasi kuis yang mengkolek data beberapa pengguna yang bersukarela datanya di analis. dari sisi programers sih bisa dibilang mungkin ada bug yang efektif untuk mendukung pengolekan data hingga pencurian bisa dilakukan.
    namun pencurian disini tidak dapat dikatakan pencurian sepenuhnya bila dilihat secara system, misal anda mancing yang di dalam danau tersebut ada jaring raksasa penuh ikan dan terkail oleh pancing anda maka … ? bayangkan sendiri apakah ini sengaja mancing dapat banyak atau yang buat jaring lupa akan jaringnya. hayoooooooooooooo !!! kepintaran otak pembaca mulai berandai2kan, nah wajar atau tidak ? tow manusia itu masih banyak lupanya. lupa akan niatnya cuman mancing, lupa akan jaringnya yang tertinggal, atau lupa bahwa fungsi kail seharusnya satu ikan saja.
    nah dalam bahasa pemongraman pengistilahan tujuan memancing lalu fungsi kail hingga ikan yang sekaligus terjaring itu bisa dikatakan kegiatan “query data”. silahkan di cari apa itu query 🙂
  5. sanksi yang diberikan cuma berupa teguran saja ke FB
    “cuma” ini bisa di artikan bukan hal yang simple atau mudah, namun penyederhanaan kerumitan keputusan yang harus diambil. yang pernah jadi ketua kelas hingga korlap acara mungkin lebih maksud apa yang dimaksud disini.
    misal ada kasus berita “cuma gara2 senyumin bini orang, suami langsung memukul orang lain”, ok santai bro. brita itu kan g sebut yang senyumin siapa (cowok/cewek), toh yang mengetahui berita tak biasa berfikir memferifikasi. bisa jadi sebelum si “cuma” itu datang, sebelum2nya yang terpukul itu menggoda2 bini orang dan suami sudah sabar dan tabah beberapa banyak kali. hayoooooooo ! think different kakak… 🙂
  6. FB Masih Kumpulkan Data SMS dan Telepon Pengguna
    yah ini mah wajar klo tujuannya…. klo tujuannya…. agar fungsi “rekomendasi teman yang mungkin nada kenal” dan memiliki FB baru bisa di info/notifkan ke akun anda. nah sudah mulai berfikir kah bearti ada sudah muali ber-“query” kembali.
    benar jika yang terbayang adalah bearti sudah hal yang standard dari dulu itu. ok santai tak usah emosi.
    sari segi
  7. ada sejuta data pengguna dari Indonesia yang disalahgunakan
    waoooo heboh yah, coba untuk hal ini masukan pengertian lumrah dan sangat bisa mungkin terjadiiiiiiii. mari dialog
    hey boleh kenal situ ?
    oh ya gpp silahkan.
    aku AA
    oh saya OO
    boleh minta nomor OO
    9740912849081324908239048902384902834902384
    maaf keburu ini, next time by contact itu ya
    oh ya gpp AA
    nahhhhhhhh………………… lanjutkan query anda. bila nomor itu di tawarin promo kartu kredit ? salah sapa, yang colong data sapa, yang kurang hati2 sapa. maaf bukan mengajak anda sekalian pelit bagi nomor tapi cobalah lebih berfikir untuk beberapa hal agar nantinya tak langsung menuduh yang minta itu yang salah untuk bagikan. namun bila HP AA di colong dan yang nyolong pintar untuk berbagi infomasi hingga menjual kontak ke penyedia promo ???? ok lanjut doa saja semoga kita selalu di Lindungi Tuhan Amin 🙂
  8. FB Mau Beberkan Data Anda Dicuri Atau Tidak
    bila anda sudah sedikit legowo dan think different maka silahkan segera lakukan penanggulangan sendiri, dan berharap tak berfatal di kehidupan. Amin 🙂
    dan semisal pencuri datanya pintar juga menghapus jejak apakah masih tak mau edit lagi data anda, so itu hak sepenuhnya yang punya akun untuk mau utek2 lagi atau tidak di beberapa akun internet nya.
  9. diketahui memindai link atau tautan dan foto-foto yang saling dikirimkan lewat aplikasi chat FB Messenger
    sekali lagi penjelasan detail, hal ini wajar dilakukan jika query yang berjalan adalah untuk menentukan iklan yang sesuai perkiraan keperluan akun dan iklan yang baik tentunya mengarah setepat mungkin ke para pengguna bukan sebagain pengasumsi suatu produk.
    dari sini jangan buruk sangka cepat2, secara pemograman bisa saja segala hasil analisa foto dan tautan akan di enkripsi/lock/kode-acak hingga hanya sistem saja yang bisa membacanya. maka memmindai disini bisa dikatan bukan mencuri sepenuhnya FB messenger itu, bila ada orang membaca gerak psikologi anda apakah itu dibilang mencuri/mengextrak prilaku anda. nah makin rumit kan memahami kasus ini… hahahhahahha 😀
    lanjut
  10. Para Genius yang Menguak ‘Borok’ FB dan Z
    sempat terpikir sih, ini kan aib. klo terpaksa share juga dan tak tepat menyampaikan nya kepada siapa malah tak baik juga dari kedua sisi.
    bisa dilogiskan seperti ini, borok itu kan juga bisa dikatakan status tersembunyi orang. nah hal seperti ini pun tak mesti dimasukan sebagai data sendiri di akun jejaring seseorang, kok malah terbocorkan. apalagi yang mem….. apakah siap menjaga privasi tanpa dibayar secara tak langsung, yup silahkan ber-query kembali. salah satu bayangan query-nya mungkin “kejahatan mungkin bukan dari niat si pelakunya, tapi mungkin ada kesempatan… waspadalah!!!” 😀 sepertinya terdengar familiar yah…..
  11. Toh tak ada kepastian yang benar pasti data terjamin, pastipun yang paling punya cuman Tuhan
    nah jelas lagi kan siapa yang menang banyak…. 🙂
    data nitip, tak bayar pula, yang punya gudang juga tak berharap lebih ke si penitip secara langsung, namun apa yang terjadi pasti ada yang membisu saja dan mengamati dari jauh.
  12. data untuk keperluan iklan
    masih wajarlah tow penghidupan utama itu, dan itulah bisnis. asal tak ada yang terlarang hingga yang memfatalkan, ya this is bisnis kakak… 🙂
    sopan atau tidak kolek data, mungkin mulaikah kepada siapa yang menelpon anda namun beralasan data dari tim mereka.
    oh yahhhhhh,…… no.telp pak tukang gali sumur juga di publish tuh di tiang2, jadi jangan di teroro ya kakak… ^_^
  13. a

sekian terima kasih, semoga kita makin bijak.

selebihnya mungkin bila ada waktu2 luwang, khusus bacaan ini akan direvisi biar kita lebih sepaham akan perkembangan kasus sejenis ini. kurang lebihnya mohon maaf, dan silahkan komen….

Iklan

Ditandai:, ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: