Kaspersky security center 10 & Kaspersky endpoint security 10 – setting lanjut (2018)


melanjut dari tahapan installasi KSC 10 dan KES 10 …. Link

yang perlu diperhatikan yaitu dari folder shared yang ada di KLSHARE ada 3 folder utama yaitu Packages, PkgInst, Updates. dapat dijelaskan sebagi berikut :

  1. folder Packages. secara default awal setelah installasi KSC 10 selesai, untuk kebutuhan install KES 10 ke komputer client itu sudah dapat menggunakan installernya di folder Packages. namun pada tahap installasi biasanya perlu memasukkan isian secara manual baik ip server (KSC nya) atau lainnya. yang tentunya sebelum tahap intallasi ke komputer client file instalasinya baiknya di copas terlebih dahulu ke localnya client, bisa saja langsung setup dari share tersebut namun biasanya lebih lama dan akan membebani server dan jaringan bila ada beberapa komputer secara bersamaan melakukan setup installasi. JADI, folder Packages ini lebih untuk ke installasi manual.
  2. folder PkgInst, difungsikan untuk Build Packages Installer kasper untuk client. yang sebelummnya dibuat secara manual di KSC server. jadi wajar bila awalnya tak ada isi di folder tersebut. JADI, diharapkan dari build itu maka isian manual seperti point 1 sebelumnya akan terisi sesuai build yang dilakukan pada KSC nya.
  3. folder Update, ini difungsikan oleh KSC untuk repo/sumber update database antivirus KES secara local KSC dan KES. setiap update yang dilakukan KSC akan di simpan lagi secara tersendiri dan diperuntukkan sebagai repo KES yang lain. JADI, diharapakan KES tidak perlu update ke jalur server luar langsung ke server resmi kasper.

disini akan dimulai penjelasan lanjut agar mulai sedikit faham tentang ke tiga folder KLSHARE kasper, yang tentunya dengan pengertinya 3 point sebelumnya. ok lanjut kawan….

FOLDER PACKAGES

secara default awal akan ada folder KES sesuai versi yang didukung KSC (folder KLSHARE\Packages\KES), misal KSC 10.3.x dengan KES nya 10.2.x, sesuai paket installer pada DVD nya. namun dalam pengembangannya untuk maintain packages KSC ini bila ada perlu installer/upgrade maka harus ditambahkan atau setelah ada upgrade KSC maka baiknya buat juga KES yang barunya semisal KES 10.2.x ke 10.3.x maka baiknya buatlah paket installer nya kembali dengan cara memasukkan secara manual ke meu Installation Packages KSC nya.

pemasukan paket installer ada prosesdurnya yaitu masuk ke Installation Packages,.. (maaf capture tak lengkap, akan dijelaskan point nya saja)

dari menu tersebut maka lakukan click “Create installation package”

lalu menuju installer yang ada (disini diasumsikan ada paket dvd installer terbaru) cari file package dengan extensi .kpd atau .kud

ikuti tahapan package yang ada, namakan package sesuai versi yang dimasukkan misal “KES 10.2.5 – Februari 2018”, ikuti tahap hingga finish. dan jika sukses maka pada list Installation package akan tertambahakan sesuai dengan nama paket yang sudah dibuat tadi. ini berlakuk juga bila ingin menggunkan KES 8 (usahakan sudah memakai XP SP3)  untuk windows xp, cari file pakage installernya (baiknya) atau file installernya saja.

FOLDER PKGINST

seperti yang sudah di info awal bahwa folder ini akan menampung hasil isian manual yang digunakan untuk build paket installer, maka untuk menggunakannya bisa ke menu Installation packages..

klik kanan pada paket yang akan di build kan, seperti build KES 10 dibawah ini. (maaf dalam contoh ini pilih saja yang “kaspersky endpoint security 10 for windows (10.2.5….)”)

pilih “..stand-alone package”, ikuti tahap yang ada hingga muncul berikut

akan dipertanyakan apakah sekaligus di build dengan NetAgent nya ? lakukan sesuai kebutuhan saja. best practices siapkan saja satu-satu biar nanti bisa sesuai kebutuhan, misal 3 macam build untuk KES 10 only (dalam langkah wizard di atas uncheck agent nya), NetAgent 10 only (pilih package instalaisnya yang agent saja – seperti ke 2 gambar sebelumnya di atas), KES 10 dan NetAgent 10 (dalam langkah wizard di atas check agent sekalian).

hasil akhirnya nanti langsung ada di folder KLSHARE\PkgInst\[ada 3 build atau sesuai yang dibuat]. bila kedepannya ada penghapusan build maka langsung menuju folder share build tersebut saja dan hapus manual (delete folder).

dari hasil build tersebut menghasilkan 1 file setup yang bisa langsung digunakan atau baiknya copas dulu ke client. yang memberdakan installer manual (pada folder packages sebelumnya) dan automatis (hasil build) ini tidak akan dimintai isin manual. akan menampilkan hal seperti berikut waktu install.

akan terlihat langsung step installasi tanpa ada isian lagi seperti pada installer manualnya.

FOLDER UPDATE

folder update ini sebenarnya tidak diperlukan banyak perubahan, bila ada pun untuk keperluan misah modul update nya. silahkan gogel dulu saja sendiri ya maaf.. hehehhe. karena keterbatasan admin utek2, biasa kasper korporasi ini tak bisa asal utek2 takut berabe… hehehhe 😀

selebihnya bisa di setting di KSC nya untuk piliha module update dan hasil updatenya/ akan di repokan kemana bisa setting ulang kembali.

 

ok selebihnya bisa email ke distributor kasper dengan melampirkan bukti license terlebih dahulu.

 

 

Akan di muat

salam rekan teknisi seprofesi
__________________________________
link profile teknis penulis

referensi lainnya sebagai perbandingan bisa lihat di link berikut

Link-1

Link-2

Link-3

Iklan

Ditandai:, , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: