Menyusul Wikipedia, WordPress Ikutan Blackout


New York – Aksi menentang pengesahan Undang-undang Anti Pembajakan yang tengah digodok Amerika Serikat (AS) terus berdatangan. Yang terbaru adalah penyedia layanan blog, WordPress, yang menggelar aksi blackout dengan mengubah halaman depan situsnya.

Ya, sama seperti situs lainnya, dua UU yang tengah disorot adalah Stop Online Piracy Act (SOPA) dan Protect IP Act (PIPA).

Aksi yang dilakukan WordPress adalah aksi kesekian setelah sebelumnya diketahui situs ensiklopedi Wikipedia turut ‘mematikan’ sementara layanannya.

SOPA maupun PIPA, secara umum, nantinya akan memberikan hak kepada pemerintah AS untuk menyensor situs asing secara sepihak. Pun juga untuk menindaklanjuti aksi pembajakan, SOPA juga memberikan pemegang hak cipta, hak melakukan upaya hukum melawan pemilik sebuah website dan operator jika ada kontennya yang melanggar hak cipta.

Beruntung sampai sejauh ini, situs besar yang bereaksi keras diketahui baru Wikipedia dan WordPress. Situs lainnya yakni Google, Facebook, Twitter dan Tumblr dilaporkan tidak ikut-ikutan melumpuhkan layanannya meski mereka juga tidak setuju UU itu.

Bahkan, dalam tweetnya CEO Twitter, Dick Costolo menyebut mogok yang dilakukan Wikipedia adalah aksi yang konyol, demikian dikutip detikINET dari Guardian, Rabu (18/1/2012).

 

Santi Dwi Jayanti – detikinet

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: