Windows XP Masih Dicintai, Walau Mulai Ditinggalkan


Meski masih menjadi sistem operasi Windows yang paling banyak digunakan, Windows XP mulai ditinggalkan penggunanya setelah ‘berkuasa’ selama sekira 10 tahun.

Berdasarkan data terbaru yang dikeluarkan Net Applications, market share XP dari seluruh OS kini berada di bawah angka 50 persen. Menurut Net Applications, market share XP memang terus terkikis selama beberapa tahun terakhir. Tahun lalu, XP masih mencapai market share 62 persen. Namun Juli 2011, angka itu sudah menyusut hingga 51 persen.

Pada saat yang sama, versi terbaru Windows, Windows 7 menguasai hampir 28 persen pasar OS dibandingkan sistem operasi lain, termasuk Mac OS X dan iOS milik Apple. Namun angka ini terbilang cukup memuaskan mengingat Windows 7 baru dirilis pada Oktober 2009.

Sementara itu, market share Windows Vista terus mengalami penurunan setiap bulan dan kini hanya tercatat di angka 9 persen. Kendati demikian, secara keseluruhan Windows masih mendominasi pasar OS global dengan angka 87 persen.

Menurunnya market share Windows XP bisa jadi terkait dengan rencana Microsoft untuk mengakhiri siklus hidup Windows XP pada 2014 mendatang. Untuk itu, Microsoft pun berupaya keras mendorong pengguna Windows XP, baik individu maupun pelaku bisnis, beralih ke Windows 7 yang diklaim lima kali lipat lebih aman dibandingkan XP.

Namun migrasi dari Windows XP ke Windows 7 dinilai sangat membuang waktu, terutama oleh pelaku usaha. Tools yang dikeluarkan Microsoft seperti Windows Easy Transfer pun dinilai belum cukup membuat proses migrasi itu efektif.

Tak ayal, survei yang dilakukan terhadap sejumlah pekerja IT mengungkapkan bahwa mereka berniat terus menggunakan XP meskipun Microsoft menghentikan semua update untuk Windows XP pada 2014 mendatang. (CNet/Okezone)

2 thoughts on “Windows XP Masih Dicintai, Walau Mulai Ditinggalkan

  1. Indah Sulistiawati Agustus 6, 2011 pukul 09:03 Reply

    repooot banged …
    apalagi sahring dari win xp ken win 7 ..
    banyak yang gagal, mintag password lah, inilah. itu laah ribeed, graa2 popup.na ndag saaamaaa

    • pmdkduaonline Agustus 7, 2011 pukul 08:50 Reply

      ikuw kudu disetting win 7 ndah….
      memang standardx gitu….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: