eGovernment Bisa Jadi Proyek Percobaan Cloud Computing


Jakarta – Implementasi cloud computing di Indonesia bisa dimulai dari eGovernment sebagai model percobaan. Jika berhasil, maka dengan sendirinya industri akan
mengikutinya.

“Kita harus dorong pemerintah untuk sesegera mungkin melaksanakan eGovernment. Ini bisa menjadi stimulus bagi industri untuk melakukan cloud computing,” ungkap Ketua Kelompok Keilmuan Teknologi Informasi Sekolah Teknik Elektro dan Informatika ITB, Suhono Harso Supangkat saat berbincang dengan detikINET di Campus Center ITB.

Menurutnya ada beberapa isu penting dalam komputasi awan ini. Seperti keandalan, keamanan dan model referensi.

“Keamanan berkaitan erat dengan kedaulatan data. Ini menjadi perhatian dari kita untuk mengimplementasikan cloud computing. Disamping itu juga kesiapan industri dalam menyambut teknologi ini,” ungkapnya.

Suhono juga melihat perlunya campur tangan pemerintah dalam implementasi cloud computing. Selain itu, tak kalah penting dukungan total dari pemerintah jika menghendaki cloud computing menjadi satu teknologi yang bisa diimplementasikan.

“Saat eGovernment ingin diterapkan, kita harus melihat kebutuhan-kebutuhan yang akan muncul. Salah satunya adalah SDM. Perlu adanya peningkatan kualitas SDM. Selain itu juga permasalahan infrastruktur,” tukasnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: