Nokia dan Intel Siap Pasarkan MeeGo


JAKARTA, KOMPAS.com – Tak sia-sia usaha patungan yang dilakukan Intel dan Nokia untuk mempersiapkan platform software bersama di awal tahun. Nokia dan Intel mengatakan pada Selasa (24/8/2010) bahwa platform perangkat lunak MeeGo yang dihasilkan dari usaha patungan mereka sudah cukup mantap untuk dipasarkan.

“Respon yang benar-benar positif,” kata Mika Setala, direktur aliansi industri di Nokia. Sementara Martin Curley, kepala dari Intel Labs Eropa, mengatakan, “Komunitas MeeGo aktif, bersemangat.”

Pada bulan Februari 2010 lali, di ajang Mobile World Congress 2010 di Barcelona, Spanyol, kedua perusahaan tersebut mengumumkan penggabungan platform perangkat lunak Linux Maemo Nokia dengan Intel Moblin. Keduanya sama-sama berangkat dari perangkat lunak Linux yang berbasis open source.

Nokia berharap MeeGo akan membantu bersaing melawan iPhone Apple dan Android Google di puncak pasar ponsel.

Tahun lalu Nokia dan Intel mengumumkan sebuah perjanjian kerja sama yang luas, juga menyebutkan rencana untuk membuat perangkat keras bersama. “Kami masih menjajaki kemungkinan untuk perangkat keras bersama, tapi tidak ada lagi yang diumumkan,” kata Setala.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: