HTC Ganti AMOLED dengan Super LCD


WASHINGTON, KOMPAS.com — Teknologi layar active matrix organics light emitting diode atau AMOLED memang terkenal mumpuni dengan tingkat kekontrasan yang sangat tajam, detail gambar yang juga sangat tajam, tetapi hemat daya. Bahkan, hampir semua produsen smartphone atau ponsel pintar kini memilih teknologi tersebut untuk produk terbarunya.

Saking banyaknya permintaan, pasokan layar AMOLED pun menipis karena produsen kewalahan melayani kebutuhan tinggi terhadap layar tersebut. Untuk mengantisipasi kekurangan pasokan, produsen ponsel pintar asal Taiwan, HTC, akan beralih ke teknologi lainnya.

HTC berencana segera mengganti penggunaan layar AMOLED dengan Super LCD (SLCD). Beberapa ponsel terbarunya, termasuk HTC Desire dan Nexus One keluaran baru, akan menggunakan layar SLCD ini.

Secara kualitas, HTC menjamin SLCD tidak kalah dengan AMOLED, bahkan diklaim punya resolusi yang tajam, kontras tinggi, sudut penglihatan lebih besar, dan efisiensi daya yang lebih baik pada ukuran layar yang sama.

“Teknologi SLCD ini memungkinkan kami memproduksi barang lebih cepat untuk memenuhi permintaan yang terus meningkat,” kata Peter Chou, CEO HTC, seperti dilansir TGDaily, Senin (26/7/2010).

HTC mengumumkan rencana ini seminggu setelah firma riset pasar iSuppli mengingatkan bahwa pasokan LCD AMOLED yang terhambat bisa menahan laju persaingan Android melawan iPhone buatan Apple. HTC dan produsen ponsel lainnya yang menggunakan platform Android buatan Google kebanyakan memang menggunakan layar jenis ini. Adapun iPhone keluaran Apple menggunakan teknologi AMLCD.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: