Iran Berhasil Kembangkan Robot


TEHERAN – Setelah sukses mengembangkan teknologi nuklir, Iran kembali mengejutkan dunia dengan menciptakan sebuah robot yang mirip manusia.

Dilansir melalui Straits Times, Minggu (4/7/2010), selain mirip manusia, robot buatan ilmuwan Iran ini juga mampu berjalan layaknya seorang manusia, meski gerak langkahnya lebih lambat.

Robot ini diberi nama Surena 2 dan memiliki berat sekira 45 kilogram dengan tinggi sekira 1,45 meter. Untuk membuatnya, Iran mengumpulkan sekira 20 ahli robot dari Teheran University.

Pihak media di Iran memberikan publikasi yang cukup gencar terhadap pencapaian ini. Bahkan nantinya, robot ini akan dikembangkan dengan kemampuan melihat dan bersuara. Sayangnya tidak diberikan informasi pasti kapan pengembangan itu akan selesai.

Rupanya, pihak Iran hanya ingin menunjukkan pada dunia kekuatan teknologi yang mereka miliki. Pasalnya pihak Iran tidak memberikan informasi detil mengenai tugas utama dan tujuan robot itu dibuat.

Dalam peresmiannya, Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad menyempatkan diri untuk datang dan menunjukkan antuasisnya. (srn)

Iklan

One thought on “Iran Berhasil Kembangkan Robot

  1. marjikun Juli 13, 2010 pukul 12:55 Reply

    wih nyaingi robot yang dari jepang, kayak yang ada di sini nih: http://marjikun.wordpress.com/2010/04/07/robot-bisa-tertawa/

    sekarang lagi dikembangkan robot yang bisa dikendalikan dengan pikiran manusia. baru-baru ini sudah berhasil dirancang sebuah komputer sederhana yang bisa dikendalikan dengan pikiran manusia… Info: http://marjikun.wordpress.com/2010/07/13/robot-dikontrol-lewat-pikiran/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: