Inilah Juara Kontes Robot Regional 3


Yogyakarta – Sebanyak 61 tim beradu robot di ajang Kontes Robot Indonesia (KRI) dan Kontes Robot Cerdas Indonesia (KCRI). Kontes yang digelar di Universitas Negeri Yogyakarta itu pun diikuti oleh beberapa perguruan tinggi dari berbagai daerah seperti Yogyakarta, Jawa Tengah, dan Kalimantan.

Setelah saling untuk kebolehan, tim robot Garuda dari Universitas Gadjah Mada (UGM) keluar sebagai pemenang dalam KRI Tingkat Regional 3 2010. Selain tim Garuda, kedua tim lainnya juga berhak ikut dalam Kontes Robot Indonesia Tingkat Nasional bulan Juni nanti.

Kedua tim tersebut adalah, In The Moesty dari Politeknik Negeri Banjarmasin yang menduduki peringkat kedua, tim robot Roro Jonggrang 2010 dari Universitas Diponegoro.

Sementara pada KRCI divisi senior robot yang digelar pada Sabtu (15/5/2010) di GOR Universitas Negeri Yogyakarta, berturut-turut peringkat satu diraih oleh tim robot Iron Fire dari UGM yang berhasil memadamkan api selama 9,69 detik. Sedangkan posisi kedua diraih oleh tim AB_Genetron dari Sekolah Tinggi Teknologi Nasional Yogyakarta dengan waktu 206,35 detik, dan posisi ketiga diduduki An-Nuur dari Universitas Islam Sultan Agung Semarang dengan waktu 357,93 detik. Sedangkan juara kategori divisi robot berkaki, posisi pertama diduduki tim robot Grafika02 UGM dengan waktu memadamkan api selama 189,24 detik, peringkat kedua diraih R2C-Octopus Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga. “Sayangnya, tak ada satupun yang berhasil menduduki peringkat ketiga karena dari 12 tim hanya ada 2 tim yang robotnya berhasil memadamkan api,” ujar DR. Eril Mozef, MS. DEA selaku penanggung jawab/ketua KRCI Div. Robot Beroda & Berkaki.
Masih dalam kategori yang sama, tim robot Grafika02 dinyatakan sebagai tim dengan strategi terbaik, sedangkan tim robot Gareng Punk UNY dinyatakan sebagai tim dengan desain inovatif terbaik.

Berikutnya juara pada divisi battle, peringkat satu diduduki Al-‘Aadiyaat UNY, posisi kedua RC2 Battle Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga, dan posisi ketiga Geri UGM.

Selain itu, tim robot Al-‘Aadiyaat dinyatakan sebagai tim dengan desain inovatif terbaik dan tim robot RC2 Battle sebagai tim dengan strategi terbaik. Sedangkan untuk posisi juara harapan diraih oleh tim robot Elshada dari Universitas Sanata Dharma. ( eno / eno )

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: