61 Tim Adu Robot di Yogyakarta yg tlah bertanding


Yogyakarta – Sebanyak 61 tim beradu robot di ajang Kontes Robot Indonesia dan Kontes Robot Cerdas Indonesia. Mereka berkompetisi untuk menjadi yang terbaik mewakili daerah regional 3 di Yogyakarta.

Tim-tim itu berasal dari 29 perguruan tinggi negeri dan swasta yang tersebar di regional 3, yaitu: Yogyakarta, Jawa Tengah, dan Kalimantan.

Di Kampus Universitas Yogyakarta (UNY) mereka saling berlomba untuk memperebutkan kursi ke ajang final Nasional. Final ajang Kontes Robot Indonesia (KRI) dan Kontes Robot Cerdas Indonesia (KRCI) akan digelar di Malang, pada Juni 2010.

“Tim yang berhasil meraih peringkat 1, 2, dan 3 akan mendapatkan kesempatan berlomba lagi di ajang nasional di Malang pada bulan Juni,” ujar Kuncoro Ariyo Wibowo selaku Ketua LO Pertandingan KRI dan KRCI saat ditemui detikINET di GOR Universitas Negeri Yogyakarta, Sleman, Sabtu (15/5/2010).

Nantinya, pemenang di tingkat nasional akan menjadi wakil Indonesia di ajang Kontes Robot Tingkat Asia Pasifik ABU ROBOCON 2010 di Mesir.

“Selain itu bagi tim yang mempunyai nilai terbaik juga akan disertakan setelah disanding nilai terbaik di regional lainnya untuk unjuk gigi di ajang nasional nanti,” Kuncoro melanjutkan.

Dalam kontes ini terdapat 3 tema pertandingan robot, yaitu:

Robot bersama membangun Candi Prambanan
Robot pemain bola
Robot cerdas pemadam api, terdiri dari 2 kriteria Senior Beroda dan Berkaki

Dari 61 tim ini, terdapat 15 tim untuk KRI dan 11 tim untuk KRCI battle. Untuk KRCI berkaki akan diikuti 12 tim dan 23 lainnya mengikuti KRCI beroda.

Ajang ‘adu robot’ ini berlangsung sejak hari Jumat (14/5/2010) dan selesai pada hari Sabtu (15/5/2010) di GOR Universitas Negeri Yogyakarta, Sleman, Yogyakarta.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: