Kamera di Ponsel Siap Berevolusi


Jakarta – Keberadaan kamera di dalam ponsel saat ini sudah tak bisa terpisahkan. Hanya saja, meski sudah mengusung piksel tinggi, namun tetap saja kemampuan menjepret dari kamera ponsel masih kalah jauh dari perangkat kamera sesungguhnya.

Kini setelah bertahun-tahun bertahan dengan kondisi itu, sebuah perusahaan bernama InVisage siap melakukan gebrakan dengan menawarkan teknologi yang bisa mengubah kamera di ponsel menjadi lebih canggih.

Teknologi yang dimaksud adalah Quantum Dots. Jess Lee, Chief InVisafe mengatakan, telah menghabiskan lebih dari tiga tahun untuk mengembangkan sensor image untuk kamera ponsel tersebut yang memungkinkan untuk menangkap lebih banyak cahaya.

Dari hasil pengujian yang dilakukan, jika sudah siap, teknologi ini akan menggenjot kemampuan kamera-kamera yang sekarang beredar di ponsel menjadi empat kali lebih canggih. Khususnya untuk memecahkan masalah keterbatasan cahaya.

Sensor image yang dipakai di kamera ponsel saat ini sendiri masih menggunakan silikon untuk menangkap cahaya. Penggunaan perangkat ini dinilai masih belum pas, sebab jika cahaya di sekitar objek sedikit, maka akan membuat foto yang diambil menjadi buram (blur).

InVisage sendiri memilih untuk tidak mengembangkan teknologi silikon, namun lebih memilih untuk mengembangkan Quantum Dots yang nantinya bakal menghasilkan Quantum Film, layer material semikonduktor yang lebih banyak menghimpun cahaya ketimbang silicon.

“Kami memprediksi akan mulai memproduksi alat ini dalam 18 bulan ke depan,” ujar Lee, dikutip¬†detikINET dari New York Times, Senin (22/3/2010).

Memang, Lee mengestimasi bahwa teknologi ini baru siap dibenamkan ke kamera ponsel dalam 2 tahun mendatang. Dan jika hal itu sudah terealisasi, maka untuk kamera iPhone misalnya saat ini memiliki kamera 3 mega piksel, bisa dipermak hingga 12 mega piksel dan siap digunakan dalam berbagai kondisi pencahayaan.
( ash / faw )

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: