Raja Hacker Kartu Kredit Divonis 13 Tahun Penjara + Denda US$ 27.5 Juta


Seorang penjahat cyber yang dikenal sebagai ‘raja maling’ kartu kredit curian akhirnya divonis 13 tahun penjara. Hukuman ini disebut-sebut sebagai yang terpanjang bagi seorang pembobol.

Max Ray Butler yang kerap memakai nama samaran Iceman, divonis oleh pengadilan distrik di Pittsburgh, Amerika Serikat karena aksi kejahatan elektronik dan pencurian identitas. Ia dikenai hukuman 13 tahun penjara.

Asisten Jaksa Wilayah, Luke Dembosky, meyakini ini adalah hukuman terberat yang pernah dijatuhkan karena aksi hacking. Selain 13 tahun penjara, Butler harus menjalani 5 tahun masa percobaan dan membayar denda USD 27,5 juta.

Iceman dikenal luas setelah membobol sebuah forum carder, yakni tempat jual beli nomor kartu kredit curian. Setelah aksinya itu, ia berhasil menguasai sebuah pasar kartu kredit curian terbesar di dunia.

Hal yang sangat disayangkan adalah, Butler dulunya dikenal sebagai calon peneliti keamanan yang baik. Pria ini pernah menjadi sukarelawan membantu FBI dalam mengatasi ancaman cyber.

“Sangat disayangkan seseorang dengan kemampuan seperti itu memakainya untuk merugikan banyak orang. Hukuman ini memiliki pesan bahwa kejahatan cyber ditangani dengan sangat serius,” ujar Dembosky.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: