Ramai-ramai Keroyok iPhone di Barcelona


Barcelona – Pameran ponsel terbesar dunia, Mobile World Congress 2010 tengah berlangsung di Barcelona. Salah satu pemain utama industri ponsel, Apple tak hadir di sana. Namun ponsel iPhone tetap jadi ‘bintang’.

Ya, keperkasaan iPhone di segmen smartphone membuat vendor lain memilihnya sebagai produk tandingan. Tak terkecuali di WMC kali ini, vendor ponsel global saling pamer bermacam handset layar sentuh yang seakan mengeroyok iPhone.

Sebut saja Samsung yang baru saja merilis Wave di WMC, ponsel pertama dengan sistem operasi Bada ataupun Sony Ericsson dengan jagoan barunya.

Demikian pula dengan Microsoft yang disebut-sebut bakal unjuk gigi sistem operasi Windows Mobile 7 di WMC. Dengan berbagai fitur terkininya, software ini juga ditujukan untuk menggoyang dominasi iPhone.

DetikINET kutip dari New York Times, Senin (15/2/2010), Apple memang jarang unjuk gigi di pameran industri besar. Mereka selama ini lebih memilih pamer produk di even bikinan sendiri.

Penjualan iPhone sendiri terus tumbuh pesat dan saat ini menduduki posisi ketiga produsen ponsel pintar dunia. Dengan market share 16,4 persen, Apple hanya kalah dari Nokia dan produsen BlackBerry, Research in Motion.

Tak hanya soal hardware, iPhone juga sukses berkat bisnis aplikasi di App Store, yang membuat vendor lain juga menggeber toko aplikasi sejenis. Di WMC sendiri, ada seksi khusus bernama App Planet yang jadi ajang para developer untuk pamer inovasi aplikasi terkini di ponsel.

“Dengan iPhone, Apple mengubah paradigma industri ponsel, seperti iPod juga mengubah industri MP3. Mereka mengubah fokus dari teknologi ke layanan,” tukas Carolina Milanesi, analis Gartner. ( fyk / faw )

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: