Seri Termahal Komputer DPR ‘Cuma’ Rp 13 Jutaan


Jakarta – Komputer Studio One yang diperuntukkan bagi anggota Dewan di Senayan memang memiliki beragam seri dengan spesifikasi berbeda.

Hasil penelusuran detikINET, yang dikorek-korek dari situs resmi Dell, Jumat (22/1/2010), menunjukkan bahwa seri termurah dari PC keluaran Dell tersebut seharga USD 699, sedangkan yang paling mahal dibanderol ‘cuma’ USD 1.382.

Harga itu tentu jomplang dengan anggaran yang dikucurkan untuk membiayai komputer anggota dewan. Konon, anggarannya mencapai Rp 16 juta per unit.

Seri paling murah memiliki spesifikasi, Intel E5300, Memory RAM 2GB, kapasitas Hardisk 320GB, Kartu grafis Geforce 9200, LCD 18,5 inchi dan Sistem Operasi Windows Vista Home Basic.

Sementara untuk yang paling mahal bertaut cukup tinggi, yakni menggunakan prosesor Intel Quad Core Q8200, Memory RAM 4GB, kapasitas Hardisk 640GB, kartu grafis Geforce 9400, LCD touch screen 18,5 inchi dengan dukungan multi touch dan Sistem Operasi Windows 7 Home.

Ke Mana Sisa Anggaran?

Jika kita berandai-andai dengan harga tertinggi USD 1.382 (Rp 13 Jutaan), logikanya masih ada sisa anggaran hingga Rp 3 juta-an per unit. Lalu ke mana sisa anggaran tersebut, ada pajak pembelian kah atau ada faktor lain?

Memang, untuk pembelian secara komersial, Dell mengizinkan konsumen mengubah spesifikasi sesuai yang diinginkan. Tapi perubahan spesifikasi apa yang mampu melampaui versi termahal itu?

Apalagi, khusus di Indonesia, Dell hanya menghadirkan 1 seri Studio One dengan spesifikasi yang tidak dapat diubah. Harga yang dipatok pun sudah mengalami penurunan semenjak pertama kali diperkenalkan. ( eno / wsh )

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: