Orang Indonesia Senang Ngobrol Teknologi di Twitter


Jakarta – Hasil survei Digital Brand Index (DBI) II untuk Indonesia telah keluar. Survei kedua yang dilakukan Edelman dan Brandtology ini, berlangsung pada kuartal terakhir 2009.

Sama seperti sebelumnya, survei ini mengukur tentang merek teknologi apa yang paling banyak dibicarakan orang, serta portal media internet yang digunakannya.

Apa hasilnya? Ternyata ada 101.866 pembicaraan online soal teknologi yang terlacak dalam DBI 2 (Oktober – Desember 2009). Alhasil hampir dua kali lipat dari pembicaraan online yang terlacak dalam DBI I (Juli – September 2009), yaitu 58.658 pembicaraan.

Hasil survei yang diterima detikINET, Jumat (22/1/2010) menunjukkan popularitas Twitter meningkat dan menjadi saluran paling sibuk untuk berbagi berita tentang merek teknologi. Peningkatannya adalah 94%, jika dibanding DBI I.

Bagaimana dengan kontribusi forum terbesar di Indonesia kali ini? Ternyata Kaskus (43%) tetap menjadi forum yang paling banyak digunakan. Sebanyak 27,54% kaskuser ternyata senang mengobrol seputar teknologi.
Berikut ini adalah beberapa ringkasan survei DBI II:

  • Twitter mendominasi penggunaan saluran untuk diskusi tentang merek yang berhubungan dengan Perangkat Lunak (57,4%), diikuti oleh Forum (32,6%), Situs Berita (6,54%), Review (1,79%), Blog (1,27%) dan Situs Jejaring Sosial (0,23%).
  • Forum adalah saluran yang paling banyak digunakan untuk diskusi merek yang berhubungan dengan Perangkat Elektronik (50,9%), diikuti oleh Twitter (38,7%), Situs Berita (6,58%), Review (1,82%), Blog (1,05%) dan Situs Jejaring Sosial (0.86%).
  • Untuk merek yang berhubungan dengan Teknologi Informasi, Forum mendominasi sebagai saluran yang paling sibuk (82,1%), diikuti oleh Twitter (9,35%), Situs Berita (6,05%), Reviews (1,45%), Blog (0,88%) dan Situs Jejaring Sosial (0,07%).

Beda Topik, Beda Saluran

Hasil dari DBI 2 mencerminkan pentingnya merek mempertahankan posisi mereka di beragam saluran. Misalnya, dalam kategori Average Engagement, AMD meraih posisi pertama dengan skor 2,50, diikuti oleh Asus dengan skor 2,45, dan Intel dengan skor 2,43.

Peringkat engagement yang sedemikian tinggi bagi beberapa merek ini ternyata tidak terjadi di Twitter, melainkan di Forum. Pengaruh Twitter terhadap merek teknologi memang meningkat, tapi dalam hal ini rupanya Forum masih tetap memegang peranan penting.

Jadi intinya, pengguna internet di Indonesia jika ingin mengobrol piranti lunak, mereka kebanyakan lari ke twitter. Sementara saat ingin mencari perangkat keras, mereka lari ke forum. ( fw / wsh )

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: