Cloud Computing Jadi Andalan Baru IM2


Jakarta – Indosat Mega Media (IM2) mejadikan teknologi komputasi awan alias cloud computing sebagai andalan baru untuk menggarap segmen pasar pelanggan korporasi di Indonesia.

Upaya menggarap segmen korporat ini dilakukannya dengan cara menggelar edukasi dan transfer pengetahuan dalam sesi temu pelanggan. IM2 dalam sesi ini menggandeng vendor Microsoft dan Cisco.

“Ini bagian dari usaha kami mendekatkan diri kepada pelanggan korporat dengan menyuguhkan suatu teknologi dan business update seputar cloud computing,” ujar Direktur Utama IM2, Indar Atmanto dalam keterangannya, Jumat (22/1/2010).

“Semoga dengan materi yang kami suguhkan bersama Cisco dan Microsoft dapat memperkaya khasanah informasi dan pengetahuan dari pelanggan IM2, tentang bagaimana posisi cloud computing saat ini dan tantangannya di masa depan,” lanjut dia.

Indar menjelaskan, cloud computing akan mengubah paradigma perusahaan dalam memandang investasi teknologi komunikasi informasi. “Investasi untuk modal kapital berubah menjadi biaya operasional dengan besaran yang lebih efisien akibat adanya cloud computing,” ujarnya.

Menurut dia, sektor paling berpeluang berkembang dengan hadirnya cloud computing adalah pengembang konten. Sebab, entry barrier untuk memulai sebuah usaha telah disediakan oleh cloud computing.

“Ini membuat para kreator bebas berkereasi karena semuanya sudah disediakan secara virtual,” jelasnya.

Cloud computing sendiri merupakan pemanfaatan teknologi internet untuk menyediakan sumber komputasi. Keuntungan utama dari konsep ini, salah satunya membuat pengguna tak lagi perlu menyediakan infrastruktur mulai dari data center sampai ke aplikasi desktop untuk memiliki suatu sistem.

“Simpelnya, semua yang ada di internet adalah aplikasi yang bisa digunakan oleh pelanggan,” kata Indar.

Namun, untuk mendukung hadirnya cloud computing diperlukan infrastruktur broadband sebagai pipa pengantar dan kapasitas bandwidth yang cukup besar. Apalagi, infrastruktur broadband di Indonesia antara barat dan timur masih sangat timpang.

Bisa, IM2?

detikinet.com

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: