AMD Phenom II X4 965 Black Edition


amd-phenom-ii-x4-965-black-edition-

Bulan Agustus lalu menandai ‘lahirnya’ prosesor desktop AMD terbaru, Phenom II X4 965 Black Edition. Kini revisi terbaru dari prosesor itu datang, dengan fitur-fitur baru.

Salah satu fitur barunya adalah max. TDP yang turun dari 140W menjadi 125W. Apa keuntungannya? Thermal Design Power (TDP) mewakili konsumsi daya maksimal dari CPU saat menjalankan aplikasi-aplikasi dengan beban berat. Makin kecil angkanya, berarti prosesor bisa lebih dingin dan efisien bekerja sehingga suhu casing menjadi lebih rendah dan daya yang disedot pun berkurang.

Lalu apakah ini membuat kinerja CPU menjadi lebih baik?

Biasanya, revisi CPU mampu memperbaiki kemampuan overclock. Dan ini berlaku pada chip AMD. Dengan tegangan inti CPU pada 1,5V, overclock yang stabil bisa mencapai 4,12GHz atau 300MHz lebih tinggi dibandingkan overclock 3,8GHz yang dicapai denan Phenom II X4 965 revisi sebelumnya.

Benchmark SiSoft SANDRA 2009 juga menunjukkan kinerja yang baik. Phenom II X4 berhasil mengimbangi prosesor Intel Core i5 dan mendapatkan skor yang bagus di benchmark multimedia. Kebanyakan uji juga multi-threaded sehingga dapat memanfaatkan sumberdaya tambahan yang ditawarkan oleh CPU quad-core. Di uji ini Phenom II X4 menorehkan skor keseluruhan 6814, yang lebih tinggi daripada revisi original.

Kesimpulannya, kendati revisi tidak meningkatkan kinerja chip AMD quad-core 3,4GHz tersebut, harga chip ini menjadi lebih menarik, yakni US$ 195 (sumber: kompas tekno)

2 thoughts on “AMD Phenom II X4 965 Black Edition

  1. A.J.I Januari 5, 2010 pukul 10:47 Reply

    lomba overcloking AMD di surabaya kemarin saya sukses menariknya sampai 6,3 GHz dengan pendingin extreme LN2 bener2 processor tanpa coldbugs

    • pmdkduaonline Januari 7, 2010 pukul 03:30 Reply

      bener tah ampek sgitu anda nembusx. keren rek…!!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: