Pengguna Musik Bajakan Untungkan Industri Musik?


dengar-musik

London – Orang-orang di balik aksi download ilegal, tak melulu harus disalahkan dan dihukum. Karena, mereka ternyata malah mendorong penjualan di industri musik.

Demikian hasil jajak pendapat yang dilakukan oleh institusi independent, The Demos, di Inggris. Mereka mensurvei sejumlah 1.000 orang dengan rentang umur 16-50 tahun.

Hasil polling ini menunjukkan, para pengunduh musik bajakan rata-rata menghabiskan uang 77 poundsterling (sekitar Rp 1,2 juta) setahun untuk musik yang mereka sukai. Sedangkan mereka yang ‘bertangan bersih’ hanya menggelontorkan uang 44 poundsterling saja (sekitar Rp 687.00).

Ini berarti, hanya karena seseorang pernah melakukan download ilegal, bukan berarti ia tidak pernah membelanjakan uangnya untuk musik.

Seorang analis dari Forrester Research, Mark Mulligan berkesempatan menguak fakta di balik hasil polling ini. “Orang-orang yang berbagi file, biasanya adalah mereka yang tertarik dengan musik. Mereka memakai file-sharing sebagai cara untuk menemukan musik yang mereka suka, ” tuturnya seperti yang dilansir detikINET dari Cnet, Senin (2/11/2009).

( sha / wsh )

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: