Israel Bobol Komputer Suriah Sebelum Ngebom


hacko285

Jakarta – Sebuah dokumen mengungkap peranan aksi cyber dalam peristiwa pemboman yang dilakukan Israel pada Suriah. Seorang agen rahasia Israel diketahui melakukan aksi pembobolan komputer sebelum negaranya membom Suriah.

Hal itu terungkap dalam sebuah laporan yang diterbitkan dalam harian Jerman, Der Spiegel, seperti dikutip detikINET dari Wired, Rabu (4/11/2009). Seorang mata-mata Israel disebut membobol komputer pejabat pemerintah Suriah yang sedang berada di London, Inggris.

Aksi itu dilakukan sang agen Mossad pada 2006. Ia disebut memasang program jenis Trojan Horse di komputer sang pejabat yang dibobolnya di kamar hotel.

Trojan itu kemudian mengirimkan file-file penting dari laptop sang pejabat. Termasuk di dalamnya rencana pembangunan sebuah fasilitas di wilayah timur Suriah, yang mencakup juga foto-foto tahapan pembangunan fasilitas itu.

Pada 2007, Israel disebut melancarkan pemboman pada sebuah fasilitas militer Suriah. Tepatnya, fasilitas milter yang datanya didapatkan dari aksi pembobolan yang dilakukan agen Mossad pada 2006.

Konon, fasilitas itu adalah fasilitas pembuatan senjata nuklir. Namun semua pihak cenderung diam setelah pemboman terjadi. Di satu sisi Suriah menolak mengakui adanya fasilitas nuklir, di sisi lain Israel dan Amerika Serikat mengacuhkan insiden itu seakan tidak pernah terjadi.

( wsh / wsh )

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: