Fokus ke Entertainment, Sony Ericsson Ganti Brand


0013143p

STOCKHOLM, KOMPAS.com – Produsen ponsel Sony Ericsson berencana mengubah brand seiring upayanya fokus ke segmen hiburan. Hal tersebut akan dilakukan dengan membangun merek baru bersama perusahaan afiliasinya Sony Corp.

Seperti dirilis Kamis (3/9), perusahaan yang merupakan joint venture antara Sony Corp Japan dan LM Ericsson Telephone Vo. Swedia itu akan meningkatkan fokusnya untuk berinteraksi dengan konsumen melalui media sosial. Perubahan image juga akan diikuti dengan perubahan pada logonya dan menggunakan konsep merek yang dipakai Sony yakni “make.believe” yang mendasarkan pada kreativitas dan inovasi.

“Fokus pada entertainment bukan berarti hanya diterjemahkan pada musik dan game,” kata Cathy Davies, Kepala Brand Sony Ericsson seperti dikutip Dow Jones. Ia menambahkan, target pelanggan yang dibidik Sony Ericsson saat ini bukan anak-anak muda tapi lebih konsumen yang berjiwa muda.

Sejauh ini, Sony Ericsson sudah ancang-ancang dalam segmen entertainment tersebut dengan menyiapkan jajaran ponsel yang diberi nama Satio, Yari, dan Aino. Ketiga ponsel tersebut akan dirilis pada kuartal keempat tahun ini. Satio merupakan ponsel dengan kamera 12 megapiksel, Yari merupakan ponsel game dengan sensor sentuh, dan Aino merupakan ponsel pertama yang bisa terhubung dengan konsol PlayStation 3.

Sebelumnya, Sony Ericsson memang fokus dengan ponsel musik dengan seri Walkman dan ponsel kamera dengan Cybershot. Beberapa tipe juga mengandalkan game yang intuitif dengan sensor gerak. Untuk multimedia, Sony Ericsson juga tak mau ketinggalan dengan pesing dengan mengeluarkan seri Experia.

Namun, jajaran produk tersebut gagal mendongkrak pangsa pasar Sony Ericsson bahkan mengalami penurunan baik akibat tekanan krisis global maupun persaingan. Berdasarkan riset Gartner, pada kuartal kedua 2009, pangsa pasarnya turun dari 7,5 persen setahun sebelumnya menjadi 4,7 persen.

Nah, apakah perubahan merek baru dan jajaran produk yang fokus pada pasar entertainment bisa mengembalikan kejayaan Sony Ericsson?

kompas.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: