Program Komputer Bantu Singkap Dokumen Penting Purbakala


dokumen-kuno150

Yerusalem – Seringkali dokumen-dokumen penting purbakala sulit untuk dipelajari karena telah lapuk dimakan usia. Saat ini sebuah program komputer untuk memudahkan membaca dan mengarsipkan dokumen-dokumen tua tengah dikembangkan.

Program komputer ini dikembangkan oleh satu tim gabungan antara ahli komputer dan sejarawan di Ben-Gurion University. Harapannya, program tersebut nantinya dapat digunakan untuk menentukan keaslian dokumen melalui suatu proses yang disebut writer identification.

“Kami tengah mengembangkan sebuah teknologi untuk meningkatkan tampilan dokumen sehingga lebih mudah dibaca dan mempermudah dalam pengarsipan,” tutur El-Sana salah satu ahli komputer yang terlibat dalam proyek tersebut, seperti dikutip detikINET dari Newsyahoo, Jumat (4/9/2009).

Semakin banyak dokumen yang bisa didigitalisasi, semakin efisien waktu yang digunakan untuk mempelajari isi dokumen kuno tersebut.

Para peneliti berharap bisa mengembangkan sebuah sistem dimana para ahli sejarah dapat menelusuri gambar sebuah dokumen untuk menemukan kata yang mereka cari. Para peneliti tersebut telah banyak berkutat dengan teks berbahasa Arab dan Yahudi.

Program berbasis open source ini diharapkan dapat tersedia untuk diunduh dalam kurun waktu tiga tahun yang akan datang. Kini para ahli tengah menyempurnakan pola alogaritma dalam program tersebut. ( faw / fyk )

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: