Asus EAH 4770 Formula, Sangar di Kelas Mainstream


asus285

Jakarta – Formula 1 dikenal sebagai ajang adu balap kendaraan berkecepatan tinggi. Gagasan soal kecepatan ini yang agaknya mendorong Asus untuk menggunakan pendingin berbentuk mobil balap F1 pada produk mereka, Asus EAH 4770 Formula series.

Tidak hanya hadir dalam bentuk yang unik, kartu grafis ini juga disebut-sebut memiliki GPU yang cukup fenomenal. Konon, harga murah dengan performa yang hebat adalah alasan utama para gamer untuk memiliki kartu grafis berbasis ATI Radeon HD 4770.

Design Unik

ASUS EAH 4770 Formula memiliki penampilan yang cukup berbeda dari kebanyak kartu grafis serupa. ASUS menggunakan pendingin ekstra berbentuk mirip mobil balap Formula 1.

Dengan pendingin itu, tentunya pengguna akan diuntungkan baik segi terjaganya suhu hingga potensi overclock yang cukup memadai. Meski di sisi lain desainnya cukup memakan tempat.

Kemasan pemasaran Asus EAH 4770 Formula terlihat minim bonus. Asus hanya mem-bundling produk ini dengan kabel Molex 6 pin, buku manual dan beberapa CD aplikasi penunjang.

Performa Hebat di Kelas Mainstream

Nah, di bawah pendingin yang unik itu, memang terdapat sebuah GPU yang cukup fenomenal HD 4770. Chip teranyar dari AMD itu memiliki teknologi yang cukup mumpuni, salah satunya adalah fabrikasi yang sudah semakin kecil, 40nm.

Selain sudah hijrah dari proses pembuatan 55nm ke 40nm, kartu grafis yang memiliki bandwidth memory sebesar 128bit ini juga memiliki beberapa fitur lain. Termasuk di antaranya adalah penggunaan DDR5, 640 Stream Processor, DirectX 10.1 dan tidak ketinggalan dukungan terhadap multi GPU dan Unified Video Decoder (UVD) versi 2.

Angan-angan agar produk ini dapat ‘berlari’ layaknya mobil Formula 1 pun bukan kelakar belaka. Dengan GPU clock 750MHz dan Memory Clock 3,2GHz, produk ini sanggup meladeni beberapa game terkini hingga resolusi yang cukup tinggi.

Pengujian yang dilakukan detikINET menunjukkan, kartu grafis yang memiliki jumlah memory 512MB ini masih tergolong nyaman untuk memainkan game sejenis Street Fighter IV, Call of Juarez dan Prototype hingga resolusi 1920 X 1200.

Jika melihat performa yang ditawarkan, tampaknya kartu grafis ini pun cocok untuk dijadikan ‘teman main’ para gamer. Teknologi terbaru, performa yang memadai, serta potensi overclocknya yang tinggi merupakan alasan utama untuk memiliki kartu grafis ini.

Namun sayangnya, harga yang ditawarkan pun tergolong cukup tinggi, yakni pada kisaran USD 151. Bahkan harga itu sedikit lebih tinggi dibandingkan beberapa kartu grafis HD 4850 versi green. Padahal HD 4850 merupakan chip dengan tingkatan ‘di atas’ HD 4470. Jelas akan menjadi sulit untuk memilih antara kedua kartu grafis tersebut. Terlebih lagi, ATI HD 4850 memiliki performa yang sudah tidak diragukan lagi.

Kelebihan:
+ Bentuk unik
+ Fabrikasi GPU lebih kecil
+ Performa Tinggi
+ Potensi overclock yang tinggi
+ Hemat Daya

Kekurangan:
– Harga mahal, tak terpaut jauh dari kartu berbasis HD 4850

Hasil Bencmark:
3D Mark Vantage : P7865
3D Mark 2006 : 12912

FarCry2, Ultra detail, 1920 X 1080
Average Framerate: 39,47
Max. Framerate: 60,92
Min. Framerate: 28,89

Street Fighter IV, High detail, 1920 X 1080
Score : 10719
Average: 100.35FPS

Dalam menguji produk ini, detikINET menggunakan testbed yang berbasis Prosesor Intel Core i7 965, Intel DX580SO, Corsair HX1000W, Corsair Dominator 6GB kit, Windows Vista, ATI Catalyst 9.7 Drivers. ( eno / wsh )

detikinet.com

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: