Ratusan Robot Beraksi Main Gamelan


gamelatron(gamelatron.com)150

Brooklyn – Robot diciptakan manusia dengan berbagai keahlian yang disertakan. Namun tahukah Anda, bahwa ada robot yang khusus diciptakan untuk memainkan instrumen musik tradisional asal Indonesia, yakni gamelan.

Benar, ratusan robot diciptakan untuk memainkan gamelan dan membentuk sebuah pertunjukan orkestra yang spektakuler. Mereka tergabung dalam GamelanTron.

“GamelanTron adalah koleksi dari instrumen musik milik Indonesia yang bernama gamelan. Kami menambahkan kata Tron mengacu pada gamelan versi elektronik yang mereka mainkan,” ujar penciptanya.

Namun jangan dulu membayangkan panggung orkestra mereka akan diisi oleh robot-robot humanoid alias robot yang berwujud seperti manusia. Robot ini diciptakan dan diwujudkan dalam bentuk ‘lengan-lengan bermesin’ yang berjumlah 117 buah.

Tugas dari lengan-lengan tersebut yakni sebagai martil yang bekerja bersama lewat jaringan yang dikontrol dari sebuah laptop. Sebagai otak inti dari masing-masing instrumen yang mereka mainkan, sebuah mikroprosesor yang bisa menginteprestasikan sinyal musik, dibenamkan di dalamnya.

Siapakah penemu ide kreatif tersebut? 2 orang laki-laki dari Brooklyn, Eric Singer dan Taylor Kuffnerlah yang dengan kecintaan mereka pada musik dan robot, berhasil mewujudkan ide robotic gamelan orchestra yang pertama kalinya di dunia ini.

Mereka berkolaborasi dengan League of Electronic Musical Urban Robots (LEMUR) yang didirikan Singer sendiri, juga dengan seorang komposer bernama Kuffner.

Dilansir detikINET dari Reuters, Jumat (31/7/2009), sejak pertama diluncurkan tahun lalu, berbagai kota telah mereka satroni untuk mempertunjukkan orkestra unik ini, termasuk New York, Pennsylvania dan Connecticut. Bahkan, robot gamelan ini sudah punya basis penggemar sendiri. ( sha / faw )

Santi Dwi Jayanti – detikinet

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: