Robot Militer AS Contek Batman


roBat_dlm

Washington – Militer Amerika Serikat tak henti-hentinya mengembangkan robot untuk diterjunkan di medan peperangan. Robot terbaru yang mereka luncurkan kali ini sepertinya coba menyontek alias ikut-ikutan si pahlawan super, Batman.

Ya, sama seperti Batman yang terinspirasi kelelawar, demikian juga robot ini. Dengan bentuk kelelawar dan terbang dengan mengepakkan sayap, robot ini bakal mengintai musuh dengan kamera dan perangkat lainnya. Si kelelawar robot juga bisa mengendus senjata biologis tertentu.

Adalah para ilmuwan dari North Carolina State University yang membesut robot pengintai itu dengan nilai proyek sebesar US$ 10 juta. Mereka mengaku terinspirasi bentuk tubuh kelelawar dalam membuatnya.

“Material yang digunakan dalam robot ini bisa bergerak penuh namun selalu kembali dalam posisi semula. Fungsi ini mirip dengan yang ditunjukkan pada tubuh kelelawar,” tukas Dr Stefan Seelecke, salah satu ilmuwan yang terlibat dalam penciptaan robot itu.

Dikutip detikINET dari Telegraph, Kamis (9/7/2009), kelelawar robot itu didayai dengan baterai tenaga surya, sistem pemandu mandiri dan radio untuk mengirim data pada para tentara di medan laga.

Saat ini, si robot masih dalam tahap prototip dan belum digunakan dalam ajang perang yang sesungguhnya. ( fyk / faw )

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: