Belajar Robot, Temukan Jati Diri Manusia


robottopiowikipd285

Jakarta – Jangan anggap remeh robot karena manusia bisa belajar mengenai jati dirinya dari robot. Pencerahan itu muncul dalam diskusi bulanan Comic (Community of Multimedia and ICT) bulan Mei 2009.

Dalam diskusi kali ini, Comic menghadirkan pembicara dari tim robotika Unikom. Prestasi yang berhasil diraih oleh tim robotika Unikom selama ini menjadi alasan utama dalam memilih tema. Di samping karena bulan Mei identik dengan bulan patriotisme dan nasionalisme, maka tim robot Unikom cukup membawa semangat tersebut.

“Prestasi mereka luar biasa di bidang robotka. Mereka juara nasional dan nanti malah akan mewakili Indonesia untuk menjadi salah satu tim dalam lomba robotika di Amerika,” papar Ikhlasul Amal, penggagas Comic kepada detikINET, Rabu (27/5/2009) malam.

Amal, demikian dia akrab dipanggil juga menambahkan, dari paparan materi yang dibawakan oleh Yusrila Y Kerlooza, Kepala Divisi Robotika Unikom ini membuat dirinya menyadari bahwa membuat robot yang menang di lomba itu sebenarnya membangun manusia di anggota tim itu.

“Dengan belajar robotika kita bisa mengetahui yang biasa saja atau malah belum punya harapan, menjadi manusia yang tahu potensinya,” kata Amal.

Bukan hanya merakit dan memprogram semata. Lomba-lomba robot juga menjadi salah satu target motivasi yang paling riil. “Walau sekarang ini robot dalam pendidikan masih bertujuan untuk lomba, namun prosesnya justru mengangkat kemanusiaan. Setidaknya banyak anggota tim yang merasa menyadari jati dirinya dengan berjuang mendapatkan solusi, mempersiapkan ke lomba, dan menang atau kalah. Itu adalah sebagian dari hidup dan kebanggaannya,” katanya.

Comic 4 kali ini diselenggarakan di Kantor Telkom Bandung di Jalan Lembong No 11. Comic sendiri menjadi wadah untuk kopdar komunitas IT di Bandung. Dengan maksud menjadi media berbagi ilmu pengetahuan yang diselenggarakan atas dasar partisipasi komunitas dalam bentuk pertemuan bersama. Itulah sebabnya tiap bulan, materi-materi yang dibahas bisa beragam.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: