PES 2010, Sepakbola Indah untuk Gamer PC


fifa10

Jakarta – Bagi pemilik konsol, pilihan game sepakbola masih terbuka antar FIFA 10 atau PES 2010. Namun untuk pemilik PC, tak ada pilihan selain Pro Evolution Soccer 2010 untuk menikmati game sepakbola indah.

Ya, di konsol PlayStation 3 dan Xbox 360 terjadi pertarungan ketat antara game sepakbola jagoan EA Sports, FIFA 10 melawan jagoan Konami Pro Evolution Soccer 2010 (Winning Eleven 2010). Penggemar game sepakbola boleh memilih satu dari keduanya dan akan mendapatkan pengalaman yang seru.

Namun bagi pemilik PC yang ingin menikmati game sepakbola yang indah dan enak untuk dimainkan, pilihannya hanya PES 2010. Ini bukan karena FIFA 10 tak tersedia untuk PC, seperti sudah diulas oleh detikINET sebelumnya, FIFA 10 memang ada untuk PC. (simak pula review detikINET pada FIFA 10)

Kualitas PES 2010 di PC membuat game ini layak disebut game generasi baru (next generation). Tidak seperti FIFA 10 yang hanya menampilkan upaya seadanya bagi gamer PC.

Grafis yang Indah

PES 2010 dibuka dengan montase video yang indah antara Lionel Messi dari FC Barcelona dan Fernando Torres dari Liverpool. Video itu ramai oleh efek spesial layaknya sebuah musik video. Oke lah, video pembukaan sebenarnya bukan sebuah fitur. Tapi FIFA 10 bahkan tidak punya video pembukaan.

Pemain sepakbola dalam PES 2010 ditampilkan dengan bentuk yang lebih nyata. Hal-hal kecil seperti tekstur kulit dan mimik wajah ikut jadi fitur yang menambah realisme game ini. Saat di lapangan pun bentuk-bentuk pemain nampak meyakinkan.

Tak hanya saat bermain, menu yang digunakan Konami dalam PES 2010 juga sedap dipandang mata. Gaya pamflet, misalnya, muncul saat modus game Exhibition.

Kemudian, pada modus lainnya, kerap muncul video montase khas modus tersebut. Misalnya, jika bermain di liga Italia, akan muncul montase pemain-pemain sepakbola yang diakhir dengan logo Calcio.

Meski demikian, pemanis mata ini agak menambah langkah yang diperlukan untuk melakukan pengaturan game. Misalnya untuk Exhibition, setelah masuk menu Exhibition pemain masih harus masuk lagi ke menu Select Team sebelum bisa memilih tim yang akan bertanding.

Navigasi yang berlapis-lapis ini terus terasa selama pemain belum memasuki arena pertandingan. Misalnya, tepat sebelum bertanding, pemain dihadapkan pada menu dengan banyak pilihan seperti untuk mengatur strategi.

Ini memang salah satu ciri seri PES, pemain seakan-akan didorong untuk mengatur gaya permainan timnya sesuai keinginan. Memang tampilan ini lebih sederhana dibandingkan PES sebelumnya.

Sebuah Game Konsol

Di luar grafis, permainan di lapangan pun terasa lebih luwes. Respon karakter di layar terhadap kendali yang dilakukan pemain terasa klop sehingga lebih mudah untuk mengendalikannya. Tentunya pengendalian akan makin mudah apabila menggunakan gamepad.

Nah, dalam hal ini, ada satu kritikan yang perlu dilancarkan pada PES 2010. Game ini, meskipun terasa sangat enak dimainkan di PC, pada hakikatnya adalah game konsol.

Tombol kendalinya saja merupakan mapping dari tombol keyboard ke gamepad untuk konsol Xbox 360. Untuk mengubah pengaturan tombol, pemain harus melakukannya melalui menu terpisah dari luar game.

Menu yang digunakan pun terasa lebih akrab bagi kendali dengan gamepad. Jika mau dibandingkan lagi dengan FIFA 10, paling tidak FIFA 10 memiliki gaya tampilan yang lebih rapih dan terstruktur seperti menu aplikasi PC.

Kesimpulannya, PES 2010 merupakan game generasi baru yang layak menjadi santapan pengguna PC. Penggemar game sepakbola dengan PC yang mumpuni jelas wajib memiliki game ini.

Kelebihan:
+ Kendali responsif
+ Grafis memanjakan mata

Kekurangan
+ Navigasi menu berlapis-lapis

Dalam mereview game ini, detikINET menggunakan sistem berbasis Prosesor Intel Core i7 965, Intel DX580SO, Digital Alliance GTX 260, Corsair HX1000W, Corsair Dominator 6GB kit dan sistem operasi Windows 7. ( wsh / wsh )

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 76 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: